Sejarah Perkembangan Pencak Silat Sebelum Penjajahan

Sejarah Perkembangan Pencak Silat pada zaman sebelum penjajahan

ilustrasi silat kuno

Nenek moyang kita telah mempunyai peradaban yang tinggi, sehingga dapat berkembang menjadi rumpun bangsa yang maju. Daerah-daerah dan pulau-pulau yang dihuni berkembang menjadi masyarakat dengan tata pemerintahan dan kehidupan yang teratur. Tata pembelaan diri di zaman tersebut yang terutama didasarkan pada kemampuan pribadi yang tinggi, merupakan dasar dari sistem pembelaan diri, baik dalam menghadapi perjuangan hidup maupun dalam pembelaan berkelompok.

Para ahli pembelaan diri dan pendekar mendapat tempat yang tinggi di masyarakat. Begitu pula para empu yang membuat senjata pribadi yang ampuh seperti keris, tombak dan senjata khusus. Pasukan yang kuat di zaman Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit serta kerajaan lainnya pada masa itu terdiri dari prajurit-prajurit yang mempunyai keterampilan pembelaan diri individual yang tinggi. Pemukupan jiwa keprajuritan dan kesatriaan selalu diberikan untuk mencapai keunggulan dalam ilmu pembelaan diri. Untuk menjadi prajurit atau pendekar diperulan syarat-syarat dan latihan yang mendalam di bawah bimbingan seorang guru. Pada masa perkembangan agama Islam ilmu pembelaan diri dipupuk bersama ajaran kerohanian. Sehingga basis-basis agama Islam terkenal dengan ketinggian ilmu bela dirinya. Jelaslah, bahwa sejak zaman sebelum penjajahan Belanda kita telah mempunyai sistem pembelaan diri yang sesuai dengan sifat dan pembawaan bangsa Indonesia.

sumber: wikipedia budaya nusantara
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PERKEMBANGAN PENCAK SILAT / SEJARAH dengan judul Sejarah Perkembangan Pencak Silat Sebelum Penjajahan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://matrasbeladiri.blogspot.com/2014/04/sejarah-perkembangan-pencak-silat-part1.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday 21 April 2014

Belum ada komentar untuk "Sejarah Perkembangan Pencak Silat Sebelum Penjajahan"

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Post