Sejarah Pencak Silat Pada Masa Penjajahan Jepang

Sejarah Perkembangan Pencak Silat pada pendudukan Jepang

ilustrasi penjajahan jepang


Politik Jepang terhadap bangsa yang diduduki berlainan dengan politik Belanda. Terhadap Pencak Silat sebagai ilmu Nasional didorong dan dikembangkan untuk kepentingan Jepang sendiri, dengan mengobarkan semangat pertahanan menghadapi sekutu. Di mana-mana atas anjuran Shimitsu diadakan pemusatan tenaga aliran Pencak Silat. Di seluruh Jawa serentak didirkan gerakan Pencak Silat yang diatur oleh Pemerintah. Di Jakarta pada waktu itu telah diciptakan oleh para pembina Pencak Silat suatu olarhaga berdasarkan Pencak Silat, yang diusulkan untuk dipakai sebagai gerakan olahraga pada tiap-tiap pagi di sekolah-sekolah. Usul itu ditolak oleh Shimitsu karena khawatir akan mendesak Taysho, Jepang. Sekalipun Jepang memberikan kesempatan kepada kita untuk menghidupkan unsur-unsur warisan kebesaran bangsa kita, tujuannya adalah untuk mempergunakan semangat yang diduga akan berkobar lagi demi kepentingan Jepang sendiri bukan untuk kepentingan Nasional kita.

Namun kita akui, ada juga keuntungan yang kita peroleh dari zaman itu. Kita mulai insaf lagi akan keharusan mengembalikan ilmu Pencak Silat pada tempat yang semula didudukinya dalam masyarakat kita.

sumber:wikipedia sejarah indonesia
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PERKEMBANGAN PENCAK SILAT / SEJARAH dengan judul Sejarah Pencak Silat Pada Masa Penjajahan Jepang . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://matrasbeladiri.blogspot.com/2014/04/sejarah-pencak-silat-pada-masa.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday 21 April 2014

Belum ada komentar untuk "Sejarah Pencak Silat Pada Masa Penjajahan Jepang "

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Random Post